Rabu, 23 November 2016

Pekerja bisa menjadi penipu

Sebuah praktek gigi dengan 4 juta dollar pendapatan pertahun telah memecat bagian pembukuannya setelah pemeriksa pajak mengungkapkan kepada sang pemilik jikalau bagian pembukuannya telah mencuri lebih dari 100 ribu dollar pertahun selama sekitar 4 tahun. Tidak ada control system dari dalam, seperti control yang mencegah pengecekkan yang sedang di tulis ke vendor atau karyawan palsu yang diimplementasikan. liburan mewah, perhiasan, dan mobil yang seharusnya tidak mampu ia beli, menjadi bukti tetapi dihiraukan oleh pemilik/manajer. Bagian pembukuan adalah pelaku kecurangan setelah menipu setidaknya 2 pengusaha sebelumnya, organisasi keagamaan dan yang tidak memberikan keuntungan dimana dia bekerja sebagai relawan.

Sumber : http://www.rmmagazine.com/2011/09/01/6-ways-to-curb-employee-fraud/
Praktek medis yang telah ditipu memutuskan untuk menyimpan insiden itu dengan tenang sehingga mereka tidak mengambil tindakan hukum terhadap bagian pembukuan. Yang ternyata menjadi kesalahan karena bagian pembukuan menggunakan situasi itu untuk keuntungannya pribadi. Dia mengajukan gugatan penghentian bisnis yang salah. Efeknya penipu telah berubah menjadi pemerasan mengetahui bahwa praktek tidak siap untuk melawan balik. Tidak diragukan lagi bahwa dia sekarang menipu majikannya yang saat ini.

      1.       Bagaimana bisa kecurangan dideteksi ?
Kecurangan tersebut dideteksi setelah pemerika pajak mengungkap kepada sang pemilik jikalau bagian pembukuannya telah mencuri lebih dari 100 ribu dollar pertahun selama sekitar 4 tahun. Hasil analisa dari perpajakan yang akan menjadi bukti dimana kecurangan dideteksi karena pengumpulan yang dilakukan akan rinci.

      2.       Sudah berapa lama itu terjadi ?
Kejadian tersebut sudah terjadi sekitar 4 tahun selama bagian pembukuan bekerja di praktek gigi.

      3.       Apa bendera merah yang menjelaskan bahwa sang pembukuan hidup di luar kemampuannya ?
Bahwa sang pembukuan mampu memliki liburan mewah, perhiasan, dan mobil yang seharusnya tidak mampu ia beli dengan gaji yang diberikan. Semua itu di dapat akibat dari kecurangannya dalam pembukuan yang mana uang-uang yang dia ambil dari keuntungan menjadi kemilikannya tanpa di curigai oleh pemilik

      4.       Kesalahan apa yang dibuat dalam penanganan kecurangan ?
Praktek medis yang telah ditipu memutuskan untuk menyimpan insiden itu dengan tenang sehingga mereka tidak mengambil tindakan hukum terhadap bagian pembukuan. Yang ternyata menjadi kesalahan karena bagian pembukuan menggunakan situasi itu untuk keuntungannya pribadi.

      5.       Menurutmu, apakah praktek gigi memiliki tanggung jawab etis untuk menuntut si penipu?

Jikalau data yang terkumpulkan dengan bukti yang kuat, mungkin sang pemilik masih bisa menuntut sang pembukuan atas kecurangan yang telah ia lakukan selama ia bekerja di praktek gigi. Namun dengan cerita di atas, bagian pembukuan telah melemahkan control atas system yang mana memungkinkannya untuk menghancurkan barang bukti. Tanpa adanya barang bukti, tuntutan tidak bisa di ajukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar