Rabu, 19 Oktober 2016

Model dan strategi E-Business dan E-Commerce

E-Business adalah bisnis yang menggunakan internet dan jaringan online sebagai saluran kepada konsumen, partner rantai pasokan, karyawan, dan lainnya. Pada zaman sekarang, perusahaan menggunakan multichannel yang mengintegrasikan system offline dan online untuk memaksimalkan pendapatan dan efisiensi.
       A.      Tantangan dan strategi E-Business
Perpaduan antara saluran dan media online memberikan kontrol yang kuat untuk melakukan interaksi dengan produk atau bisnis. Manager harus mengetahui bagaimana merespon perilaku dan kebutuhan konsumen, mengetahui bagaimana cara berurusan dengan vendor software dan perusahaan konsultan, menggunakan SaaS atau cloud computing yang baik. Kunci untuk suksesnya yaitu mengerti model dan strategi bisnis perusahaan supaya implementasi bisa berjalan dengan lama dan baik.

Fundamental E-Business dan E-Commerce
Proses E-Business melibatkan penggunaan teknologi elektronik dan digital, lebih sering berbasis internet atau Website untuk menyelesaikan suatu tugas bisnis. E-Commerce merujuk pada penggunaan proses E-Business untuk permintaan yang lebih spesifik dari pembelian atau penjualan produk dan pelayanan. Dengan kata lain, E-Commerce berasal dari E-Business. Aplikasinya yakni komunikasi internal, pelayanan, kolaborasi dan pelatihan, manajemen rantai pasokan, penelitian, pengumpulan informasi, analitik web, dan lainnya.

Tipe pemasaran dari E-Business
-          B2B (Bisnis to Bisnis)
-          B2C (Bisnis to Konsumen)
-          C2B (Kosumen to Bisnis)
-          G2C (Pemerintah to Konsumen)
-          M-Commerce
Kebutuhan yang diperlukan untuk E-Business yakni ketersediaan, akurasi dan respon yang cepat, keamanan dan pemenuhan PCI DSS, Integrasi antara sistem E-Commerce dengan sistem perusahaan, dan analitik web.

sumber : http://slidehunter.com/overview-different-types-business-models/
       B.      E-Commerce metode B2C
Beberapa penggunaan B2C ini di pakai dalam penggunaan online banking, perbankan international dan banyak mata uang dan pekerjaan pemasaran online dengan syarat menggunakan via internet sebagai saluran berkomunikasi. Masalah yang terjadi di toko eceran online yakni pada bagian saluran dimana sering terjadi konfik pada bagian online dengan fisik, organisasi click-and mortal, manajemen, resiko online, model bisnisnya. Rencana marketing secara online sangat mirip dengan rencana marketing lainnya.

       C.      E-Commerce dan E-Procurement B2B
Dengan menggunakan B2B, organisasi dapat menstruktur ulang rantai pasokan dan relasi partner mereka. Bisnis model B2B ada 2 yakni :
-          Bagian penjualan, penjual bisa menjadi antara manufaktur, distributor, atau retailer
-          Bagian Pembelian, metode utamanya yakni lelang, proses RFQ, dan pertukaran privat
Fungsi dari E-Procurement adalah untuk mengontrol biaya dan menyederhanakan proses untuk membuatnya lebih efisien. Terdapat 4 jenis pertukaran privat dan public yaitu vertical exchanges untuk material langsung, vertical exchanges untuk material tidak langsung, horizontal exchanges, dan functional exchanges.

       D.      E-Government
Adalah penggunaan teknologi internet untuk menyampaikan informasi dan pelayanan publik kepada warga, partner bisnis dan supplier, dan orang-orang yang bekerja di sector publik. Manfaat E-government yaitu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja pemerintah, meningkatkan tranparasi dengam memberikan akses ke informasi pemerintah, warga bisa memberikan tanggapan dan lebih aktif ikut dalam demokrasi. 45% pemerintah lokal menggunakan bentuk dari komputasi awan untuk aplikasi dan pelayanan.

       E.       E-Commerce mendukung pelayanan : pembayaran dan pemenuhan pesanan
B2B dan B2C membutuhkan dukungan pelayanan seperti pembayaran, pemenuhan pesanan, dan konten. Pelayanan pendukung utama E-Commerce adalah pada bagian infrastruktur, proses, pemasaran, komunitas, pelayanan, dan konten. Contohnya dalam iklan web, Pemasaran interaktif memberikan banyak manfaat kepada konsumen untuk mengetahui informasi lebih atau memberi pertanyaan melalui email. SEM (Search Engine Marketing) adalah tool yang mendukung dalam sistem web advertising (iklan web). Metode pembayaran online ada banyak macam, seperti electronic credit card dan checks, E-Cash, ATMs online, dan sebagainya.

Sumber : http://www.slideshare.net/Vishalchd11/the-e-payment-systems

Pembayaran tagihan elektronik ada 3 jenis, Online banking, biller direct, dan bill consolidator. Adapun fasilitas keamanan pembayaran elektrik yang harus dipenuhi, yaitu autentikasi, integritas, non repudasi, privasi, dan keamanan. Dalam pemenuhan pesanan, harus ada perfoma seperti cepat mencari produk, mengemasnya, mengatur pengepakan untuk di antarkan ke depan pintu konsumen, menerima uang dari setiap konsumen baik COD maupun pembayaran individual, dan mengatasi produk yang bermasalah.

       F.       Isu pada etika dan hukum E-Business
Masalah yang sering terjadi yaitu pada privasi, pembobolan web, kerugian, disintermidasi, dan reintermidasi. Banyak perusahaan teknologi telah berhadapan dengan masalah pengawasan urusan bisnis yang memunculkan konflik dengan antitrust laws di Amerika. Kemungkinan masalah yang sedang hangat untuk diperdebatkan sekarang yaitu mengenai pajak penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar