Rabu, 12 Oktober 2016

BI Untuk Keuangan (BI = business intelligence = Intelijen Bisnis )

Sebuah kantor penyuplai produk, mengimplementasikan BI dengan prakarsa untuk menstandarisasi data yang digunakan untuk pembuatan keputusan. Di tahun 2011, Perusahaan mempunyai 20TB data warehouse global yang terintegrasi dengan data dari semua area yang berfungsi.  2 hal mengenai BI yakni : 
      A.      Bahasa yang umum meningkatkan komunikasi
      B.      Intelijen yang lebih baik meningkatkan margin pendapatan
Pengamat keuangan menemukan margin keuangan yang rendah pada copiers hitam putih dibandingkan copiers yang berwarna. Menurut Greg Thompson, direktur sistem keuangan, “Karena kami sekarang  melaporkan langsung biaya dari margin produksi dan produk, kami sudah bisa membantu bisnis untuk merubah strateginya lebih cepat.” Perusahaan yang berfokus hanya pada penggunaan nilai dasar untuk analtik tertinggal dibelakang perusahaan terdepan yang bergantung pada analitik untuk membimbing strategi dan juga aktivitas sehari-hari di pemasaran dan pengerjaan. Perusahaan terdepan mempunyai pengalaman yang banyak dengan alat-alat analitik dan teknik permodelan lanjutan.
Analitik yang kompetitif di praktek: CarMax. CarMax, Inc adalah retailer khusus terbesar amerika di bagian mobil, dengan 9 miliyar dollar di pendapatan tahun 2011. CarMax juga menjual kendaraan yang tidak perlu dengan standar eceran untuk melisensikan dealer melalui lelang grosir; menjual kendaraan baru dibawah persetujuan franchise; dan menyediakan finansial pelanggan melalui operasi keuangannya, CarMax Auto Finance. Mereka berkembang dengan cepat karena penawaran untuk menarik pelanggan – tidak tawar menawar harga dan kualitas yang dijamin berdasarkan pemeriksaan 125 point yang menjadi acuan industri – dan pembiayaan otomotif. Dapat disimpulkan menurut CarMax, analitik digunakan sebagai aset strategi dan wawasan yang didapatkan dari analitik tersedia untuk setiap orang yang membutuhkannya.
Sumber : http://www.matrica.co.id/service/business-intelligence/

Pertanyaan :
     1. Apa nilai yang ditawarkan BI kepada organisasi ?
Dengan menggunakan BI pada suatu organisasi, maka perusahaan dapat meningkatkan komunikasi dengan mengumpulkan data yang tersebar menjadi satu sehingga informasi akan tersebar ke semua pihak yang membutuhkannya dalam perusahaan. Mengimplementasikan BI dalam organisasi juga bisa dapat meningkatkan margin pendapatan yang mana dapat membantu manager membuat keputusan yang lebih baik dalam melakukan perbaikan.

     2. Apa nilai dari analitik bisnis ?
Analitik bisnis mampu membimbing strategi dan juga aktivitas sehari-hari di pemasaran dan pengerjaan. Perusahaan terdepan mempunyai pengalaman yang banyak dengan alat-alat analitik dan teknik permodelan lanjutan. Analitik bisnis bisa menjadi fondasi yang penting dalam suatu organisasi karena dengan hasil analitik yang baik, perusahaan akan percaya dengan data dan tanpa keraguan mampu mengambil tindakan yang benar untuk strategi selanjutnya.

     3. Apa yang dimaksud dengan menyibak, dan mengapa itu penting ?
Menyibak adalah kegiatan untuk meneliti lebih lanjut mengenai sesuatu yang diteliti. Penting karena dengan menyibak, maka kegiatan analisis bisa dilakukan sampai mendalam mencari kesalahan maupun informasi yang diinginkan. Data yang di telusuri dengan mendalam akan menghasilkan informasi yang akurat yang berguna untuk pengambilan keputusan.

     4. Apa kunci pencarian MIT dan IBM tentang analitik ?
a.    Organisasi Berperfoma atas menggunakan analitik 5 kali lebih dari organisai yang lebih rendah
b.    Terdapat keyakinan yang luas akan tawaran nilai dari analitik
c.   Setengah dari responden mereka mengatakan bahwa perbaikan informasi dan analisis adalah prioritas utama di organisasi mereka

     5. Sistem informasi apa yang membantu CarMax mencapai rekor pertumbuhan ?
a.    Hak milik sostem informasi yang menangkap, menganalisis, mengintepretasi, dan mendistribusikan data mengenai penjualan dan pembelian mobil mobil CarMax
b.    Aplikasi analitik data yang menampilkan semua pembelian; angka dari percobaan kemudi dan aplikasi untuk kredit per mobil; tampilan berwarna di setiap demografi dan Negara
c.   Teknologi hak milik toko yang menyediakan manajemen dengan data yang real-time  tentang semua aspek dari operasi toko, seperti manajemen stok, harga, transfer kendaraan, lelang grosir, dan produktivitas konsultan penjualan
d. Sistem manajemen stok yang maju membantu manajemen mengantisipasi kebutuhan stok mendatang dan mengatur pemberian harga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar